Tak Ganggu Sektor Wisata, KNPI : Kita Fokuskan Kompensasi bagi Nelayan

oleh -Dibaca : 38
Gambar : Sumber pulauseribu.jakarta.go.id

Observasi 188 Warga Negara Indonesia (WNI) di Pulau Sebaru Kecil, Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara sepertinya tak mempengaruhi minat kunjung wisata di Kepulauan Seribu.

Terbukti, dari data yang dimiliki Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kepulauan Seribu pada akhir pekan ini, Sabtu (29/2) wisatawan yang berkunjung mencapai angka 3.220 orang.

Alhamdulillah, kami sangat bersyukur, semoga akan terus seperti ini,” ucap Lukman Hadi, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kepulauan Seribu saat dihubungi kabarpulauseribu.com.

Sekarang, tambah lukman, KNPI akan mendorong kompensasi bagi nelayan di empat pulau penduduk terdekat yakni Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Kelapa Dua, dan Pulau Sebira.

“Kita fokuskan kompensasi bagi nelayan yang berdampak langsung, karena mereka saat ini tidak boleh menangkap ikan dalam radius tertentu mulai dari ring 1 Pulau Sebaru, ring 2 Pulau Pantara, dan ring 3 Pulau Semut Besar,” jelasnya.

Disampaikan Lukman, nelayan yang akan didorong mendapat kompensasi jenis pancing kerapu, nelayan tonda, jaring gebuk, dan nelayan bubu. Mereka harus diperhatikan oleh pemerintah dengan bantuan langsung, seperti alat tangkap dan bahan bakar minyak.

“Juga bantuan langsung tunai untuk keluarga mereka yang sebagian besar masuk dalam kategori kurang mampu,” sebutnya.

Ribuan Wisatawan Kunjungi Pulau Seribu

Sementara berdasarkan informasi yang disampaikan oleh media resmi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu www.pulauseribu.jakarta.go.id menyebutkan bahwa geliat pariwisata tetap tinggi, meski terdapat aktivitas observasi 188 WNI di Pulau Sebaru Kecil.

Kepala Sudin Parekraf Kepulauan Seribu Puji Astuti membenarkan bahwa berdasarkan laporan operator pencatat kunjungan wisata yang bertugas, hari ini angka pengunjung mencapai 3.220 wisatawan.

“Pengunjung wisata tetap antusias untuk berlibur ke Kepulauan Seribu,” ujar Puji melalui aplikasi berbagi pesan whatsapp.

Menurut dia, suasana yang kondusif saat ini di masyarakat menjadi bukti bahwa Kepulauan Seribu aman. Apalagi hal itu didukung dengan kesiapan semua instansi baik pusat maupun daerah.

“Kami akan selalu berkoordinasi dengan dinas dan kementerian terkait,” tuntasnya.

Comment