Bhabinkamtibmas Pulau Tidung dan Mahasiswa Fisip Uhamka Satukan Upaya dalam Edukasi Pencegahan Kenakalan Remaja dan Bahaya Narkoba di MA PKU Pulau Tidung

Jakarta – Briptu Andhika Fajar, seorang Bhabinkamtibmas dari Polres Kepulauan Seribu, bekerja sama dengan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka), menyelenggarakan kegiatan edukasi dan penyuluhan yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan kenakalan remaja dan bahaya narkoba di lingkungan Madrasah Aliyah PKU Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan pada hari Selasa, 18 Juli 2023.

Dalam acara seminar yang diselenggarakan bersama, Briptu Andhika Fajar dan para mahasiswa Fisip Uhamka dengan penuh semangat menyampaikan materi edukasi kepada para siswa dan siswi MA PKU Pulau Tidung. Mereka fokus memberikan wawasan tentang pentingnya mencegah kenakalan remaja sekaligus meningkatkan kesadaran akan bahaya penyalahgunaan narkoba dan kekerasan seksual.

BACA JUGA:  Patroli Malam Dialogis Polsek Kepulauan Seribu Selatan, Himbau Warga dan Wisatawan Cegah Kenakalan Remaja

Kegiatan edukasi ini dihadiri oleh puluhan siswa dan siswi, serta beberapa guru dan staf sekolah. Para peserta tampak antusias dan aktif berpartisipasi dalam diskusi terbuka yang dipandu oleh Briptu Andhika Fajar dan mahasiswa Fisip Uhamka. Mereka berbagi pengalaman, ide, serta pendapat terkait isu-isu sosial yang relevan dengan kehidupan remaja masa kini.

Dalam presentasinya, Briptu Andhika Fajar menyampaikan berbagai fakta dan statistik terkait peningkatan kasus kenakalan remaja dan bahaya narkoba di wilayah Pulau Tidung. Ia juga mengingatkan pentingnya peran orang tua, guru, dan masyarakat dalam memberikan perhatian serta pendampingan yang lebih kepada anak-anak dan remaja guna mencegah perilaku negatif.

BACA JUGA:  Kapolres Kepulauan Seribu Gelar Bazar Ramadhan 1445 H

Sementara itu, mahasiswa Fisip Uhamka membawakan materi tentang strategi pencegahan kenakalan remaja dan pendekatan yang positif dalam mengisi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Mereka juga memberikan informasi tentang layanan konseling dan tempat aman bagi remaja yang membutuhkan bantuan.

Acara berlangsung dengan penuh kehangatan dan keseruan, di mana para peserta tampak saling mendukung dan menginspirasi satu sama lain. Briptu Andhika Fajar menyatakan, “Saya sangat berterima kasih atas antusiasme dan partisipasi aktif dari para siswa dan siswi MA PKU Pulau Tidung dalam acara ini. Semoga apa yang telah disampaikan dapat menjadi bekal bagi kita semua dalam menjalani kehidupan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.”

BACA JUGA:  Polda Metro Jaya Hadir di Acara Maulid Nabi SAW Ponpes Assa`adah, Depok

Kegiatan edukasi ini menjadi contoh sinergi positif antara kepolisian dan akademisi dalam mendukung pembentukan karakter generasi muda yang tangguh dan berprestasi. Diharapkan, upaya pencegahan kenakalan remaja dan bahaya narkoba akan semakin diperkuat dan melibatkan berbagai pihak untuk menciptakan lingkungan yang aman, sehat, dan positif bagi para generasi penerus bangsa.