Bhabinkamtibmas Pulau Tidung, Polres Kepulauan Seribu Briptu Andika Fajar Himbau Pemilik Warung Kelontong untuk Jaga Kualitas Dagangan dan Antisipasi Makanan Kadaluarsa

Jakarta, 8 Agustus 2023 – Bhabinkamtibmas dari Polres Kepulauan Seribu, Briptu Andika Fajar, melakukan sambang ke warung kelontong milik Bapak Doni di Pulau Tidung pada Selasa (08/08/2023). Kehadiran Briptu Andika Fajar bertujuan untuk memberikan himbauan kepada pemilik warung serta masyarakat sekitar untuk selalu menjaga kualitas dagangan dan mengantisipasi makanan kadaluarsa.

Dalam kunjungannya ke warung kelontong Bapak Doni, Briptu Andika Fajar menyampaikan pentingnya peran pemilik warung dalam menjaga kualitas dan keamanan dagangan yang dijual kepada konsumen. Dia menekankan perlunya memastikan bahwa produk yang dijajakan masih dalam kondisi baik dan belum melewati tanggal kadaluarsa.

BACA JUGA:  Terapkan Prokes, 318 Penumpang Seberangi Pulau Seribu Usai Terima Pengamanan Dari Polres Kep. Seribu

“Sebagai mitra Polri dalam menjaga keamanan lingkungan, kami berharap Bapak Doni dan pemilik warung lainnya dapat aktif dalam memeriksa dan mengawasi kualitas dagangan yang dijual. Hal ini penting untuk melindungi kesehatan konsumen dan mencegah terjadinya dampak negatif dari makanan yang sudah tidak layak konsumsi,” ungkap Briptu Andika Fajar.

Tidak hanya itu, Briptu Andika Fajar juga memberikan edukasi tentang tanda-tanda produk yang telah kadaluarsa serta langkah-langkah yang perlu diambil apabila ditemukan barang yang sudah tidak layak konsumsi.

BACA JUGA:  Percepatan Penanggulangan Polusi Udara, Polda Metro Jaya Membentuk Satgas JAKARTA - Sebagai langkah percepatan pengendalian polusi udara di Jakarta, Polda Metro Jaya membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Pencemaran Udara. Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto mengatakan, pembentukan Satgas ini merupakan perintah langsung Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto yang telah mendapatkan arahan dari Menkomarves RI. "Sebagaimana perintah Bapak Kapolda Metro Jaya setelah mendapat arahan dari Bapak Menkomarves RI, Polda metro jaya melakukan upaya-upaya penanggulangan polusi udara, untuk itulah Satgas ini kita bentuk," katanya di Polda Metro Jaya, Selasa (5/9/23). Menurutnya, ada beberapa latar belakang dibentuknya Satgas Penanggulangan Polusi. Diantaranya, Undang-Undang RI NO.32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sebagaimana diubah dengan Undang-Undang No.11 tahun 2020 tentang cipta kerja. "Pembentukan Satgas Penanggulangan Pencemaran Polusi Udara ini juga sesuai direktif kapolda metro jaya guna mendukung upaya pemerintah dalam percepatan penanggulangan polusi udara serta meningkatkan kualitas udara di Wilayah Hukum Polda Metro Jaya," katanya. Ia menjelaskan, Satgas Penanggulangan Polusi Udara ini diketuai oleh Irwasda Polda Metro Jaya Kombes Pol Nurkolis SIK, kemudian Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto SIK sebagai pembina. Satgas ini membawahi 7 subsatgas, antara lain: 1. Subsatgas Analis 2. Subsatgas Preemtif 3. Subsatgas Preventif 4. Subsatgas Represif atau penegakkan hukum 5. Subsatgas Bantek 6. Subsatgas Humas 7. Subsatgas Kewilayahan. "Dengan terbentuknya Satgas ini, diharapkan akan menanggulangi dan mencegah terjadinya polusi udara di wilayah hukum polda metro jaya dan aglomerasinya," ujarnya. Suyudi juga menyatakan, keberhasilan penanggulangan persoalan polusi udara di Wilayah Hukum Polda Metro Jaya juga butuh peran serta masyarakat. Ia pun mengimbau masyarakat Jakarta untuk ikut berpartisipasi. "Partisipasi dan kesadaran masyarakat untuk menjaga ruang udara yang bersih dihimbau untuk menggunakan transportasi umum, tidak membakar sampah, rutin melakukan perawatan mesin kendaraan serta mewujudkan industri yang ramah lingkungan," harapnya.

Bapak Doni sebagai pemilik warung kelontong merespons positif kunjungan Bhabinkamtibmas dan menyambut baik himbauan yang diberikan. Ia berjanji akan lebih teliti dalam memeriksa stok dagangan serta selalu mengutamakan kualitas dan keamanan produk yang dijual.

“Kunjungan dari Bhabinkamtibmas sangat bermanfaat bagi kami para pedagang. Kami akan mengambil langkah yang dianjurkan untuk memastikan kualitas dagangan kami selalu terjaga, sehingga masyarakat dapat membeli produk dengan aman dan nyaman,” ujar Bapak Doni.

BACA JUGA:  Polres Kepulauan Seribu Terapkan Prokes kepada 487 Penumpang di Dermaga Kedatangan Pulau Seribu

Himbauan yang disampaikan oleh Briptu Andika Fajar diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab bersama dalam menjaga kualitas produk yang beredar di pasar, terutama makanan yang merupakan bagian penting dari kesehatan masyarakat. Semoga dengan kerja sama yang baik antara kepolisian dan pemilik warung, Pulau Tidung akan menjadi tempat yang lebih aman dan sehat untuk tinggal.