Bhabinkamtibmas Pulau Tidung Sambang Ke Tokoh Agama Pulau Tidung

Jakarta – Bhabinkamtibmas Briptu Andika Fajar, yang bertugas di Pulau Tidung, melaksanakan sambang ke tokoh agama Pulau Tidung sebagai bentuk silaturahmi sekaligus mengajak kerjasama dalam meningkatkan iman dan taqwa warga serta menghadapi ancaman radikalisme. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, tanggal 24 Mei 2023.

Dalam pertemuan dengan tokoh agama, Briptu Andika Fajar menyampaikan pentingnya peran tokoh agama dalam membimbing dan memberikan arahan kepada warga dalam meningkatkan iman dan taqwa. Ia juga mengajak para tokoh agama untuk bersama-sama menggalang kerjasama dalam menjaga keutuhan dan kerukunan umat serta menghadapi tantangan radikalisme yang mungkin muncul di lingkungan sekitar.

BACA JUGA:  Evakuasi Kapal KM AS Pesona Samudra oleh Polsek Kepulauan Seribu Selatan dalam Rangka Kegiatan Hajatan Betawi di Pulau Tidung

Bhabinkamtibmas Briptu Andika Fajar menjelaskan tentang bahaya dan dampak negatif dari paham radikalisme serta urgensi untuk menjauhkan masyarakat dari pengaruhnya. Dia juga mengajak tokoh agama untuk aktif dalam memberikan pemahaman agama yang moderat dan toleran kepada umat.

Dalam sambang tersebut, Briptu Andika Fajar menggali ide dan saran dari tokoh agama tentang upaya yang dapat dilakukan untuk menguatkan nilai-nilai keagamaan yang moderat dan mengedepankan sikap saling menghormati antarumat beragama. Ia juga menjelaskan tentang program-program pencegahan radikalisme yang telah dilakukan oleh pihak kepolisian dan mengajak tokoh agama untuk turut berpartisipasi dalam upaya tersebut.

BACA JUGA:  Polsek Kepulauan Seribu Utara Amankan Dermaga di Pulau Pramuka Berikan Pelayanan Humanis untuk Penumpang Kapal

Diharapkan, melalui kerjasama yang erat antara Bhabinkamtibmas, tokoh agama, dan masyarakat Pulau Tidung, dapat terbentuk masyarakat yang kuat dalam iman dan taqwa serta memiliki kepekaan terhadap upaya radikalisme. Keberadaan Bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat memperkuat hubungan sinergis antara aparat kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan kedamaian di Pulau Tidung.

BACA JUGA:  Kabag Ops Polres Kepulauan Seribu Pimpin Latihan Dalmas Persiapan Pengamanan Pemilu 2023-2024

Polri terus berkomitmen dalam upaya pencegahan dan penanggulangan radikalisme dengan melibatkan tokoh agama sebagai mitra dalam menjaga kerukunan dan keselamatan umat. Melalui kerjasama ini, diharapkan Pulau Tidung tetap menjadi lingkungan yang aman, harmonis, dan menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan yang moderat.