Bhabinkamtibmas Pulau Untung Jawa Mendengarkan Keluhan Warga dan Menyepakati Langkah-Langkah Penanganan di Pulau Untung Jawa

Jakarta – Aipda Masito, Bhabinkamtibmas Polres Kepulauan Seribu, Menghadirkan Warga dan Toko Pemuda Masyarakat dalam Giat Jumat Curhat untuk Menjalin Dialog dan Mencari Solusi Kamtibmas di Pulau Untung Jawa, Jumat (16/06/2023)

Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu – Aipda Masito, seorang Bhabinkamtibmas dari Polres Kepulauan Seribu, melaksanakan kegiatan Jumat Curhat yang bertujuan untuk mendengarkan, mencatat, dan mencari solusi terhadap permasalahan kamtibmas yang dihadapi oleh warga di wilayah lingkungan kelurahan Pulau Untung Jawa. Dalam pertemuan tersebut, hadir pula warga dan toko pemuda masyarakat yang secara aktif berpartisipasi dalam diskusi.

BACA JUGA:  Patroli Malam Polsek Kepulauan Seribu dan TNI, Berikan Pengamanan kepada Wisatawan di Pulau Untung Jawa

Para bapak-bapak warga Pulau Untung Jawa, termasuk tokoh agama, mengeluhkan penurunan antusiasme remaja dalam menuntut ilmu pengetahuan dan ilmu agama. Hal ini berdampak pada kurangnya perilaku yang baik dari remaja, terutama mereka yang masih bersekolah. Warga juga menyampaikan keprihatinan terkait kebiasaan begadang yang dilakukan oleh sebagian anak-anak usia SD dan SMP, yang kadang sulit diatur atau ditegur oleh orang dewasa dan seringkali merespons dengan tidak sopan.

Selain itu, nelayan juga mengharapkan perhatian dari pemerintah terkait bantuan kepada mereka. Nelayan berharap agar pemerintah dapat memberikan perhatian yang lebih kepada mereka, sehingga mereka merasa dihargai dan didukung dalam menjalankan profesi mereka. Hal ini dianggap penting untuk memperkuat ekonomi pulau dan mendorong pertumbuhan pariwisata di Kepulauan Seribu, terutama di Pulau Untung Jawa.

BACA JUGA:  Soal Brigjen Endar, Kapolri Tegaskan Komitmen Perkuat Pemberantasan Korupsi

Menanggapi keluhan-keluhan tersebut, Bhabinkamtibmas menekankan pentingnya saling berdoa dan menjaga kebersihan serta keindahan pulau. Dia juga berkomitmen untuk terus berkoordinasi dengan instansi pemerintah agar keluhan-keluhan warga di Pulau Untung Jawa mendapatkan respon yang tepat. Bhabinkamtibmas dan anggota pospol akan bekerja sama dengan pihak Satpol PP (Polisi Pamong Praja) dan Dinas Perhubungan untuk melakukan pengecekan setiap kedatangan kapal di dermaga, dengan tujuan memeriksa barang-barang yang dicurigai membawa minuman keras, narkoba, atau barang-barang terlarang sesuai dengan Undang-Undang.

BACA JUGA:  Penumpang Kapal Kepulauan Seribu Dihimbau Untuk Tidak Duduk Diluar Kapal

Untuk memudahkan warga dalam melaporkan keluhan dan permasalahan terkait kamtibmas, setiap Ketua RT/RW di Pulau Untung Jawa diminta untuk menyimpan nomor hotline/layanan pengaduan Polres Kepulauan Seribu, yaitu 081399667257, serta nomor Polsek Kepulauan Seribu Selatan, yaitu 085974938219.

Dengan sinergi yang baik antara warga, pihak kepolisian, dan instansi pemerintah, diharapkan permasalahan kamtibmas di Pulau Untung Jawa dapat ditangani dengan efektif dan lingkungan yang lebih aman serta nyaman dapat tercipta.