Berita  

Cegah dan Minimalisir Guantibmas, Polres Kepulauan Seribu Laksanakan Pengaman Dermaga Kali Adem

Jakarta – Dermaga Muara Angke Kaliadem Jakarta Utara, merupakan salah satu pintu masuk menuju ke wilayah Kepulauan Seribu, guna mencegah dan meminimalisir Guantibmas di wilayah hukumnya Polres Kepulauan Seribu rutin melaksanakan pengamanan di dermaga keberangkatan Muara Angke Kaliadem Jakarta Utara.

Ipda Syahroni selaku Perwira Pendamping Pengawas (Papingwas) dari Polres Kepulauan Seribu mengatakan bahwa hari ini tercatat sebanyak 312 penumpang kapal yang terdiri dari warga asli Kepulauan Seribu maupun wisatawan menyeberang ke Kepulauan Seribu melalui dermaga Kali Adem dengan menggunakan 8 kapal angkut. Rabu (14/12/2022).

BACA JUGA:  Percepatan Penanggulangan Polusi Udara, Polda Metro Jaya Membentuk Satgas JAKARTA - Sebagai langkah percepatan pengendalian polusi udara di Jakarta, Polda Metro Jaya membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Pencemaran Udara. Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto mengatakan, pembentukan Satgas ini merupakan perintah langsung Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto yang telah mendapatkan arahan dari Menkomarves RI. "Sebagaimana perintah Bapak Kapolda Metro Jaya setelah mendapat arahan dari Bapak Menkomarves RI, Polda metro jaya melakukan upaya-upaya penanggulangan polusi udara, untuk itulah Satgas ini kita bentuk," katanya di Polda Metro Jaya, Selasa (5/9/23). Menurutnya, ada beberapa latar belakang dibentuknya Satgas Penanggulangan Polusi. Diantaranya, Undang-Undang RI NO.32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sebagaimana diubah dengan Undang-Undang No.11 tahun 2020 tentang cipta kerja. "Pembentukan Satgas Penanggulangan Pencemaran Polusi Udara ini juga sesuai direktif kapolda metro jaya guna mendukung upaya pemerintah dalam percepatan penanggulangan polusi udara serta meningkatkan kualitas udara di Wilayah Hukum Polda Metro Jaya," katanya. Ia menjelaskan, Satgas Penanggulangan Polusi Udara ini diketuai oleh Irwasda Polda Metro Jaya Kombes Pol Nurkolis SIK, kemudian Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto SIK sebagai pembina. Satgas ini membawahi 7 subsatgas, antara lain: 1. Subsatgas Analis 2. Subsatgas Preemtif 3. Subsatgas Preventif 4. Subsatgas Represif atau penegakkan hukum 5. Subsatgas Bantek 6. Subsatgas Humas 7. Subsatgas Kewilayahan. "Dengan terbentuknya Satgas ini, diharapkan akan menanggulangi dan mencegah terjadinya polusi udara di wilayah hukum polda metro jaya dan aglomerasinya," ujarnya. Suyudi juga menyatakan, keberhasilan penanggulangan persoalan polusi udara di Wilayah Hukum Polda Metro Jaya juga butuh peran serta masyarakat. Ia pun mengimbau masyarakat Jakarta untuk ikut berpartisipasi. "Partisipasi dan kesadaran masyarakat untuk menjaga ruang udara yang bersih dihimbau untuk menggunakan transportasi umum, tidak membakar sampah, rutin melakukan perawatan mesin kendaraan serta mewujudkan industri yang ramah lingkungan," harapnya.

Personil Polres Kepulauan Seribu yang melakukan pengamanan dan pengawasan di depan pintu masuk dermaga aktif memberikan himbauan kepada para penumpang kapal untuk melakukan scan aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk ke dermaga dan mengajak para penumpang kapal untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Syahroni mengatakan, “Kegiatan pengamanan dan pengawasan ini kami laksanakan untuk meminimalisir Guantibmas di wilayah hukum Polres Kepulauan Seribu dikarenakan Dermaga Muara Angke Kaliadem Jakarta Utara ini adalah salah satu pintu masuk menuju wilayah Kepulauan Seribu”.

BACA JUGA:  Polsek Kepulauan Seribu Selatan dan Warga Bersatu Menanam Bibit Pohon untuk Kurangi Polusi Udara

“Selain untuk meminimalisir Guantibmas tentunya juga untuk mencegah penyebaran Covid-19 karena hingga saat ini Covid-19 masih ada, jika tidak ada pengawasan dari kami, dikhawatirkan ada penumpang kapal yang menuju ke wilayah Kepulauan Seribu sedang terjangkit virus Covid-19 dan bisa menularkan warga di Kepulauan Seribu”.

“Alhamdulillah dari 312 penumpang kapal yang akan berangkat menuju ke Pulau Seribu sudah melakukan scan aplikasi PeduliLindungi dan tidak ada yang terjangkit virus Covid-19”. tutup Syahroni.

BACA JUGA:  Sambut Hari Bhayangkara-77, Polda Metro Jaya Gelar Bakti Kesehatan Gratis Untuk Masyarakat