Kapolda Metro Tinjau Langsung Malam Takbiran: Jakarta Aman dan Kondusif

Jakarta – Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto meninjau langsung momen perayaan malam takbir hari raya Idul Fitri 2023 di Jakarta. Dia memastikan situasi Jakarta aman dan kondusif.
“Situasi Jakarta dalam keadaan aman dan kondusif,” kata Karyoto kepada wartawan, Jumat (21/4/2023).

Karyoto mengakui di wilayah Bundaran HI sendiri ada kepadatan masyarakat. Namun dia menegaskan hal tersebut bukan konvoi, melainkan masyarakat yang tengah merayakan momentum tersebut.

BACA JUGA:  Team Patroli Satpolair Polres Kepulauan Seribu Tingkatkan Keamanan di Perairan Pulau Pari

Sejak awal Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan konvoi takbir keliling. Masyarakat lebih baik merayakan malam takbir di wilayahnya masing-masing. Sebab, lanjut Karyoto, kegiatan konvoi dinilai berbahaya dan juga menganggu aktivitas masyarakat lainnya.

“Mudah-mudahan nanti kita pantau terus kegiatan pengamanan di berbagai wilayah hukum Polda Metro Jaya. Di wilayah Tangerang, Tangerang Selatan, Depok, Bekasi semua sudah kita perintahkan untuk turun maksimal untuk mengamankan kegiatan masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA:  Dirbinmas Polda Metro Jaya Sholat Subuh Keliling Serahkan Al Quran dan Sembako di Jatinegara

Berdasarkan pengamatan petugas, masih banyak para pengendara yang melanggar. Termasuk dalam hal ini pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm. Kendati demikian, lanjut Karyoto, di beberapa ruas jalan pihak kepolisian akan memaksimalkan pengoperasian e-TLE untuk menindak pelanggaran yang ada.

“Secara sistem e-TLE itu sangat aktif, nanti akan termonitor berapa capture yang melanggar. Mereka memang merasa tidak ada yang mengawasi, tapi kenyataannya tiba-tiba didatangi surat untuk membayar denda kepada pengadilan langsung,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Giat Patroli Ramadhan Pulau Lancang Ajak Warga Jaga Kamtibmas

Dia menegaskan kehadiran e-TLE bukan untuk memperbanyak penindakan penilangan. Namun lebih dari itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar berlalu lintas seusia aturan yang ada.

“Kami tetap mengimbau rekan-rekan yang menggunakan sepeda motor, taati peraturan keselamatan lalu lintas, alat pelindung keselamatan diri penuhi dan memenuhi standar, jangan asal nemplok di kepala,” pungkasnya.