Patroli Laut Polair Polres Kepulauan Seribu untuk Jaga Kamtibmas di Perairan Pulau Ayer

Jakarta, Sabtu (01/07/2023) – Satuan Polair dari Polres Kepulauan Seribu melaksanakan patroli laut di wilayah perairan Pulau Ayer dengan tujuan untuk menjaga kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat). Kegiatan patroli ini juga bertujuan untuk memberikan himbauan kepada nelayan dan penjaga pulau mengenai keselamatan berlayar serta pentingnya melaporkan tindakan kejahatan atau kejadian mencurigakan kepada pihak berwenang.

Kasat Polair Polres Kepulauan Seribu, AKP Dasiman, menjelaskan bahwa patroli laut ini merupakan bagian dari upaya peningkatan keamanan di perairan Pulau Ayer. Polisi laut aktif melakukan pengawasan terhadap kegiatan di sekitar perairan, termasuk aktivitas nelayan dan penjaga pulau.

BACA JUGA:  Kapolri Naik Heli Pantau Langsung Arus Mudik di Jalan Tol dan Arteri

“Kami melaksanakan patroli laut ini untuk memastikan keamanan wilayah perairan Pulau Ayer. Kami juga memberikan himbauan kepada nelayan dan penjaga pulau agar tetap menjaga keselamatan saat berlayar serta melaporkan setiap tindakan kejahatan atau kejadian mencurigakan yang mereka saksikan,” ungkap AKP Dasiman.

Dalam patroli laut ini, petugas Polair Polres Kepulauan Seribu melakukan pemantauan intensif terhadap perairan sekitar Pulau Ayer. Mereka juga memberikan sosialisasi mengenai protokol keselamatan berlayar, seperti menggunakan alat pelindung diri yang sesuai, mematuhi aturan navigasi, dan menghindari wilayah berbahaya.

BACA JUGA:  Polsek Kepulauan Seribu Memastikan Keamanan Wisatawan Selama Libur Panjang, Himbauan Untuk Menjaga Barang dan Keselamatan di Perairan

Selain itu, petugas juga memberikan himbauan kepada nelayan dan penjaga pulau untuk tetap waspada terhadap potensi kejahatan atau aktivitas mencurigakan di sekitar perairan. Mereka diberi penekanan pentingnya melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwenang agar dapat segera ditindaklanjuti.

AKP Dasiman menambahkan, “Peran serta nelayan dan penjaga pulau sangat penting dalam menjaga keamanan perairan. Dengan saling berkoordinasi dan melaporkan kejadian yang mencurigakan, kita dapat mencegah tindak kejahatan dan menciptakan lingkungan yang aman bagi semua.”

BACA JUGA:  Pelayanan Prima, Bhabinkamtibmas Pulau Lancang Bantu Warga Stroke Evakuasi ke RSUD Cengkareng

Patroli laut ini mendapatkan respon positif dari nelayan dan penjaga pulau di Pulau Ayer. Mereka merasa lebih tenang dan terlindungi dengan adanya kehadiran polisi laut yang aktif melakukan pengawasan dan memberikan himbauan terkait keselamatan.

Dengan dilaksanakannya patroli laut secara rutin dan adanya koordinasi antara Polair Polres Kepulauan Seribu dengan masyarakat setempat, diharapkan dapat menjaga keamanan perairan Pulau Ayer serta mendorong partisipasi aktif dari nelayan dan penjaga pulau dalam melaporkan dan mencegah tindakan kejahatan di wilayah tersebut.