Peduli Kesehatan Masyarakat, Polda Metro Jaya Gelar Operasi Katarak Gratis

Jakarta – Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Timur bekerjasama dengan Alumni Akpol 1997 Batalyon Wira Pratama, RS Polri Sukanto, PERDAMI (Perhimpunan Dokter Sepesialis Mata Indonesia), ERHA, Alumni SMA Kanisius 92, Himpunan Bersatu Teguh dan Bhayangkari Daerah Metro Jaya serta Cabang Metro Jakarta Timur menggelar Bakti Kesehatan operasi katarak gratis bagi masyarakat umum di Rumah Sakit Polri Kramat Jati. Sabtu (16/9/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya, Kepala Rumah sakit Bhayangkara TK I Sukanto, Ketua Alumni Akpol 1997, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia, Ketua Himpunan Bersatu Teguh, Pejabat Utama Polda Metro Jaya Serta, Bhayangkari Daerah Metro Jaya.

BACA JUGA:  Rayakan Anniversary Street Race, Kapolda Metro : Kurangi Balap Liar Dan Blokir Jalan Raya

Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Menghalau Gelap Menjadi Terang” Bakti Kesehatan operasi katarak berlangsung selama dua hari yaitu mulai tanggal 16 sampai 17 September 2023 dengan menggunakan metode Phacoemulsifikasi.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Leonardus Simarmata mengatakan “Jumlah kuota yang dinyatakan layak untuk dilakukan operasi sebanyak 207 orang namun jumlah warga yang telah mendaftar sebanyak 656 orang” ucapnya.

BACA JUGA:  Polri Kerahkan Ribuan Personel Bersihkan Puing - pung Pasca Gempa Cianjur

“Tentunya kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk nyata implementasi program Quick Wins Kapolri, bahwa seluruh anggota Polri wajib peduli dan peka terhadap situasi kondisi sosial di masyarakat” imbuhnya.

Leonardus mengatakan bahwa ada salah satu peserta operasi yang menangis dan bersyukur Karena sebelumnya mengalami kebutaan namun setelah mata sebelahnya di operasi, saat ini sudah bisa melihat kembali. “Tentunya hal ini patut kita syukuri bersama” ungkapnya.

BACA JUGA:  Sambang Toga, Pak Bhabin Pulau Lancang Imbau Tomas dan Warga Jaga Kamtibmas

“Bukan hanya dilakukan operasi katarak saja namun peserta juga akan diberikan vitamin dan obat-obatan selama proses recovery” tuturnya.

Dalam kesempatan ini Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan pihak terkait atas terselenggaranya bakti kesehatan operasi katarak gratis ini dengan baik.

Selanjutnya diakhir acara Karyoto didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Metro Jaya memberikan tali asih kepada perwakilan peserta operasi katarak kemudian dilanjutkan dengan peninjauan secara langsung proses berjalanya operasi katarak tersebut.