Peduli Stunting, Polsek Kep. Seribu Utara Bantu Pemerintah Pangkas Stunting

Jakarta – Stunting merupakan sebuah fenomena gang saat ini menjadi perhatian pemerintah untuk segera dipangkas. Dilansir dari health.detik.com, menurut hasil Studi Status Gizi Indonesia 2021 yang dilaporkan Kementerian Kesehatan RI, angka stunting secara nasional menunjukkan perbaikan dengan turunnya tren sebesar 3,3 persen dari 27,7 persen tahun 2019 menjadi 24,4 persen tahun 2021.

Dalam pidato kenegaraan, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo menyoroti masalah stunting di Indonesia dalam bidang kesehatan yang menurutnya, angka stunting di Indonesia harus dipangkas dengan cepat.

Berkaca akan hal itu, Polres Kepulauan Seribu melalui jajaran Polsek Kepulauan Seribu Utara, mengelar kegiatan sosialisasi terkait dengan stunting yang bertajuk “Peduli Stunting”, Jumat (10/03/2023). Kegiatan dilaksanakan di Mako Polsek Kepulauan Seribu Utara, Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara.

BACA JUGA:  Jalin Sinergitas TNI Polri, Jajaran Kodam Jaya Hiking Bersama Polda Metro Jaya

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasipem Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Bapak Mahdi , dr. Putri dari Puskesmas Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Lurah Pulau Harapan Bapak Yusuf, Kasipem Kelurahan Pulau Panggang Bapak Abdul Salam, personil jajaran Polsek Kepulauan Seribu Utara, beserta Bhayangkari Ranting Kepulauan Seribu Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Kepulauan Seribu Utara Iptu Didik Tri Maryanto memberikan sepatah dua patah kata dalam sambutannya.

“Upaya pemerintah mencegah dan penanggulangan stunting, diperlukan penguatan sinergi 4 Pilar (TNI Polri, Pemerintah Daerah dan Puskes) secara bersama-sama”, ujar Kapolsek.

“Saat ini sudah tercatat 18 anak mengalami stunting di wilayah Kepulauan Seribu Utara, yang mana angka ini masih bisa dapat bertambah”, tambahnya.

BACA JUGA:  Bhabinkamtibmas Pulau Tidung Bangun Sinergi Warga dan Kepolisian untuk Jaga Kamtibmas

“Kami mengajak seluruh stake holder dan masyarakat untuk bersama-sama memitigasi guna penanggulangan terhadap fenomena stunting ini”, jelas Didik.

Di kesempatan itu pula Kasipem Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Bapak Mahdi, turut memberikan sambutannya yang mana mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Polsek Kepulauan Seribu Utara dan menyatakan bahwa pihaknya melalui Puskesmas akan bergerak untuk melakukan pemantauan terhadap fenomena stunting.

“Kami sangat mengapresiasi Pak Kapolsek dan jajaran yang telah mengadakan kegiatan Peduli Stunting ini”, tutur Mahdi.

“Kami segera perintahkan Puskesmas yang ada di wilayah Keppulauan Seribu Utara ini untuk bergerak dalam melakukan pemantauan terhadap fenomena stunting ini serta melakukan pencegahan dan penanggulangan”, jelasnya.

BACA JUGA:  Polsek Kepulauan Seribu Utara Giat Patroli Malam, Himbau Warga Waspada Hoax dan Paham Radikal di Pulau Kelapa

Selanjutnya dilaksanakan pemaparan materi oleh dr. Putri terkait dengan fenomena stunting. Kegiatan ditutup dengan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh tim puskesmas dan Bhayangkari serta pemberian makan tambahan (PMT) yang bertujuan untuk meningkatkan status gizi anak.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan diakhiri pelaksanakan sosialisasi kesehatan oleh dr. Putri selaku narasumber dari Puskesmas Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan oleh tim puskesmas dan Bhayangkari dan PMT dengan tujuan untuk meningkatkan status gizi anak”. Jelas Kasi Humas Polres Kepulauan Seribu Ipda Iyus Andriyansyah, S.H. saat dimintai keterangan pada tempat terpisah, Sabtu (11/03/2023).