Peringati HUT ke-75, Polwan Gelar Baksos dan Bersih-bersih di Bantaran Ciliwung

Polisi Wanita Republik Indonesia (Polwan) menggelar acara bakti sosial pembagian sembako dan menyisir sampah di bantaran Kali Ciliwung. Acara tersebut digelar untuk memperingati hari jadi ke-75 Polwan.

“Pagi hari ini kita berada di bantaran Kali Ciliwung di mana kegiatan pagi hari ini merupakan bentuk kegiatan sosial dalam rangka hari jadi ke-75 Polisi Wanita Republik Indonesia, semoga kehadiran Polwan dapat dirasakan kebermanfaatannya dan juga oleh masyarakat sekitar bantaran Kali Ciliwung. Kegiatan kita di tahun ini tepat di 75 tahun pengabdian Polwan untuk negeri,” kata Pakor Polwan RI, Brigjen Desy Andriani kepada wartawan di Jembatan Kali Ciliwung Kalibata, Cililitan, Jakarta Timur, Selasa (15/8/2023).

BACA JUGA:  Bhabinkamtibmas Pulau Tidung dan Mahasiswa Fisip Uhamka Satukan Upaya dalam Edukasi Pencegahan Kenakalan Remaja dan Bahaya Narkoba di MA PKU Pulau Tidung

Desy mengatakan kegiatan sosial itu merupakan salah satu bentuk pengabdian Polwan untuk masyarakat. Dia berharap kegiatan sosial yang dilakukan Polwan dapat memberi manfaat untuk masyarakat di sekitar bantaran Kali Ciliwung.

“Ini salah satu kegiatan kita dalam rangka Hari Jadi ke-75 tahun ya, tidak hanya untuk kegiatan di bantaran Ciliwung, juga sebelumnya kita juga sudah melakukan di kesehatan, di lembaga pembinaan khusus anak dan juga lapas perempuan. Jadi ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan kita di tahun 2023 ini, semoga kehadiran kita dapat dirasakan oleh masyarakat luas,” ujarnya.

Ketua seksi bakti sosial AKBP Ganis mengatakan ada sekitar 125 personel yang terlibat dalam acara bakti sosial sisir sampah Kali Ciliwung tersebut. Di antaranya petugas PPSU, BPBD, Dinas Lingkungan Hidup hingga pemerhati lingkungan hidup.

BACA JUGA:  POLRES METRO JAKARTA PUSAT GELAR "BAZAR SEMBAKO MURAH RAMADHAN

“Kami dari seksi bakti sosial ingin menjelaskan kalau untuk kegiatan pagi hari ini kita akan melaksanakan kegiatan susur sungai yang dilakukan dengan kegiatan bakti sosial untuk pemberian sembako dan jufa kita akan melakukan kegiatan bersih-bersih di lingkungan sungai di lingkungan bantaran sungai, dan kita di sini melibatkan kurang lebih ada 125 personel,” kata Ganis.

Ganis mengatakan ada 8 perahu yang digunakan untuk kegiatan menyisir sampah di Kali Ciliwung. Dia mengatakan ada sekitar 100 sembako yang akan dibagikan ke masyarakat sekitar Kali Ciliwung dalam kegiatan sosial tersebut.

BACA JUGA:  Aksi Alumni Akpol 1996 Bantu Korban Gempa Cianjur

“Ada 8 perahu yang kita gunakan untuk menyisir, dibantu oleh Pol Air dan dibantu dari BPBD. Jadi ada 8 perahu nanti kita bagi tugas semoga pelaksananaannya nanti di titik start ini yang diawali di bawah Jembatan Kalibata ini, jadi kita melakukan kegiatan pembersihan dan pemberian sembako kemudian kita menyisir di riverside kita akan melakukan kegiatan pemberian sembako masyarakat sekitar, lanjut kita akan menuju di sungai yang ada, finishnya di Carrefour MT Haryono sebagai finish dan kita melakukan kegiatan pembersihan dn dilanjutkan dengan pembagian sembako kepada masyarakat sekitar,” tuturnya.