Polisi Sosialisasikan Bahaya Hoaks Melalui Giat Patroli Malam Dialogis di Pulau Pari

Jakarta – Anggota Polsek Pulau Pari melaksanakan giat patroli malam dialogis dengan tujuan memberikan himbauan kepada masyarakat tentang bahaya penyebaran berita hoaks, Selasa (16/05/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh hoaks serta pentingnya memeriksa kebenaran informasi sebelum menyebarkannya.

Dalam patroli malam dialogis kali ini, petugas polisi secara aktif berinteraksi dengan warga Pulau Pari. Mereka memberikan penjelasan mengenai definisi hoaks, cara hoaks dapat merugikan masyarakat, dan pentingnya kewaspadaan dalam menerima dan menyebarkan informasi. Petugas polisi juga memberikan contoh-contoh kasus hoaks yang pernah terjadi di lingkungan sekitar dan bagaimana hal tersebut dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat.

BACA JUGA:  Begini Harga Beras di Sejumlah Pasar Jakarta

Selain itu, petugas polisi memberikan tips kepada masyarakat tentang bagaimana memverifikasi kebenaran informasi sebelum menyebarkannya. Mereka mengajak warga untuk melakukan pengecekan sumber informasi, mencari informasi dari beberapa sumber yang terpercaya, dan tidak terburu-buru menyebarkan informasi yang belum terverifikasi.

Kapolsek Kepulauan Seribu Selatan, AKP Rahmat Suryaman, menekankan pentingnya kesadaran masyarakat dalam menyaring informasi yang diterima dan menyebarkannya. Ia mengungkapkan bahwa hoaks dapat menciptakan kepanikan, kerusuhan, dan kerugian bagi masyarakat. Oleh karena itu, polisi berperan aktif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat menghindari penyebaran berita hoaks yang berpotensi merugikan.

BACA JUGA:  Polda Metro Bagikan 7.500 Paket Bansos dari Kapolri ke 10 Titik

Melalui kegiatan patroli malam dialogis ini, diharapkan kesadaran masyarakat Pulau Pari akan bahaya hoaks semakin meningkat. Polsek Pulau Pari akan terus melaksanakan kegiatan sosialisasi dan memberikan pendidikan tentang pentingnya memeriksa kebenaran informasi demi menciptakan lingkungan yang aman dan terhindar dari dampak negatif hoaks.