Polres Kepulauan Seribu Rutin Amankan Dermaga Marina Ancol, Keselamatan Penumpang Diprioritaskan

Jakarta – Polres Kepulauan Seribu) terus melaksanakan tugas pengamanan di dermaga Marina Ancol guna memastikan keselamatan penumpang yang menggunakan jasa transportasi laut. Dalam upaya ini, Ipda Harlen S.H, yang menjabat sebagai KBO Sat Samapta Polres Kep. Seribu dan selaku Papingwas, memastikan cek perlengkapan keselamatan kapal dan keselamatan penumpang menjadi prioritas utama, Minggu (04/06/2023).

Pengamanan dermaga Marina Ancol ini dilakukan setiap hari oleh personel Polres Kepulauan Seribu yang tergabung dalam Sat Samapta. Mereka melakukan patroli di sekitar dermaga dan kapal-kapal yang bersandar untuk memastikan ketaatan terhadap protokol keselamatan laut yang telah ditetapkan. Selain itu, personel juga melakukan pemeriksaan terhadap perlengkapan keselamatan kapal seperti pelampung, peralatan pemadam kebakaran, dan alat komunikasi yang harus berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:  Patroli Malam Polsek Kepulauan Seribu Selatan Tingkatkan Keamanan di Pulau Pari dan Himbau Warga Tangkal Radikalisme

Ipda Harlen S.H, sebagai KBO Sat Samapta Polres Kep. Seribu dan selaku Papingwas, menjelaskan pentingnya menjaga keselamatan penumpang dalam setiap perjalanan laut. “Kami selalu berkomitmen untuk memberikan perlindungan dan keamanan kepada penumpang yang menggunakan jasa transportasi laut di dermaga Marina Ancol. Kami memastikan bahwa kapal-kapal yang beroperasi dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan yang memadai dan personel kami siap memberikan bantuan dalam situasi darurat,” ungkap Ipda Harlen.

BACA JUGA:  Tim Patroli Satpolair Polres Kepulauan Seribu Himbau Keselamatan Berlayar kepada Nelayan

Pengamanan dermaga Marina Ancol ini juga melibatkan kolaborasi dengan pihak terkait, seperti pengelola dermaga, perusahaan angkutan laut, dan instansi terkait lainnya. Hal ini bertujuan untuk memperkuat sinergi dalam menjaga keselamatan penumpang serta mencegah terjadinya insiden atau kecelakaan di perairan Kepulauan Seribu.

Selain mengamankan dermaga, personel Polres Kepulauan Seribu juga aktif memberikan sosialisasi tentang keselamatan laut kepada masyarakat, terutama para penumpang. Mereka memberikan edukasi tentang penggunaan pelampung, tata cara evakuasi, serta pentingnya mematuhi aturan-aturan keselamatan yang ada.

BACA JUGA:  Bocah Kehilangan Hp Di Ancol Diganti Polisi

Diharapkan, melalui pengamanan dermaga Marina Ancol yang dilakukan secara rutin dan cek perlengkapan keselamatan kapal yang diutamakan, keselamatan penumpang dalam perjalanan laut di Kepulauan Seribu semakin terjamin.