Polri Peduli Budaya Literasi Polres Kepulauan Seribu Bagikan Buku Bacaan di Taman Baca Pulau Untung Jawa

Jakarta- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78, Polres Kepulauan Seribu menggelar aksi nyata dalam gerakan nasional untuk mensyukuri kemerdekaan bangsa. Kegiatan tersebut berupa Bakti Sosial dengan pendistribusian buku, bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi di Indonesia. Dengan tema “Polri Peduli Budaya Literasi, Distribusi Buku Sampai Pelosok Nusantara”, kegiatan ini menjadi bagian dari upaya konkret untuk mengampanyekan pentingnya literasi di seluruh lapisan masyarakat.

Kegiatan berlangsung di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan pada Sabtu (26/08/2023). Program Pendistribusian Buku ini merupakan inisiatif dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda, Polres, dan Polsek di Indonesia. Rentang waktu pelaksanaan program ini berlangsung dari tanggal 21 Agustus hingga 16 Oktober 2023, dengan sasaran utama mencapai pelosok desa, panti asuhan, pondok pesantren, serta berbagai sekolah.

BACA JUGA:  Patroli Malam Polsek Kepulauan Seribu Utara: Menghimbau Warga Waspada Hoax dan Antisipasi Kenakalan Remaja

Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Jarot Sungkowo S.H., S.I.K., beserta jajaran Polsek telah menginisiasi pendistribusian buku dan meja belajar. Sasaran utama distribusi ini adalah sekolah-sekolah dan taman bacaan yang tersebar di wilayah Kepulauan Seribu. Dengan tujuan agar akses terhadap literasi semakin merata dan meriah di seluruh lapisan masyarakat.

Upaya ini mendapat apresiasi tinggi dari berbagai kalangan, karena keberlanjutan pendidikan dan peningkatan literasi dianggap sebagai fondasi penting dalam membangun masa depan bangsa yang lebih cerdas dan berdaya saing. Polres Kepulauan Seribu menunjukkan komitmen nyata dalam mendukung pembangunan sosial dan intelektual masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:  Jalin Sinergitas TNI Polri, Jajaran Kodam Jaya Hiking Bersama Polda Metro Jaya

Semangat “Polri Peduli Budaya Literasi, Distribusi Buku Sampai Pelosok Nusantara” diharapkan tidak hanya menjadi momen bersejarah dalam memperingati kemerdekaan, tetapi juga menjadi tonggak awal dalam mengatasi kesenjangan literasi di berbagai daerah. Kegiatan ini membangun harapan untuk melihat generasi penerus bangsa yang lebih terdidik dan memiliki wawasan luas, mampu menghadapi tantangan global dengan kepala tegak dan pengetahuan yang mendalam.

BACA JUGA:  Polres Kepulauan Seribu Giatkan Pengamanan Rutin Keberangkatan Warga dan Wisatawan di Dermaga 16 dan 17 Marina Ancol