Polsek Kepulauan Seribu Selatan Adakan Aksi Bersih-Bersih Lingkungan dengan Menggandeng Masyarakat dan Pemerintah

Jakarta, Kamis (13/7/2023) – Polsek Kepulauan Seribu Selatan Polres Kepulauan Seribu turut peduli terhadap lingkungan dengan mengadakan kegiatan bersih-bersih bersama masyarakat dan unsur pemerintah di tempat atau area penumpukan sampah yang menjadi perhatian utama masyarakat. Aksi ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi lingkungan yang tercemar serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan.

Pulau Pari, Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung, dan Pulau Lancang dipilih sebagai lokasi pembersihan. Keempat pulau tersebut dikenal sebagai destinasi wisata yang indah namun terdampak oleh masalah sampah plastik, ranting, batang kayu, dan rumput liar yang menumpuk. Melalui kerjasama dengan masyarakat dan unsur pemerintah, Polsek Kepulauan Seribu Selatan berharap dapat mengatasi masalah tersebut.

BACA JUGA:  Polsek Kepulauan Seribu Selatan, Polres Kepulauan Seribu, dan Masyarakat Bersatu Tanam Pohon di Setiap Pulau untuk Bersihkan Udara

Kapolsek Kepulauan Seribu Selatan, AKP Rahmat Suryaman, memimpin aksi bersih-bersih tersebut dengan antusias. Beliau menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk Polri dalam menjaga kelestarian lingkungan dan memperkuat sinergi antara kepolisian, masyarakat, dan pemerintah.

“Kami berharap aksi bersih-bersih ini dapat memberikan dampak positif bagi keindahan pulau-pulau Kepulauan Seribu Selatan. Dengan menghilangkan sampah-sampah yang merusak ekosistem, kami berupaya memastikan bahwa destinasi wisata ini tetap terjaga kebersihannya untuk dinikmati oleh generasi mendatang,” ungkap AKP Rahmat Suryaman.

BACA JUGA:  Kapal Patroli Satuan Polair Polres Kepulauan Seribu Lakukan Giat Dialogis di Perairan Pulau Pari Himbau Ikut Sukseskan Jalannya Pemilu 2024

Dalam aksi bersih-bersih ini, peserta dibagi menjadi beberapa tim yang ditugaskan untuk membersihkan berbagai jenis sampah yang mencemari pulau-pulau tersebut. Sampah-sampah plastik akan diambil dan dipilah untuk didaur ulang, sementara ranting, batang kayu, dan rumput liar akan dibersihkan agar pulau-pulau kembali terlihat asri dan terawat.

Partisipasi aktif masyarakat dan unsur pemerintah dalam kegiatan ini menjadi bukti bahwa upaya pelestarian lingkungan tidak hanya menjadi tanggung jawab satu pihak, tetapi harus dilakukan secara bersama-sama. Semangat gotong-royong dalam menjaga kebersihan dan keindahan alam semesta harus ditanamkan sejak dini, sehingga generasi mendatang dapat menikmati lingkungan yang lebih baik.

BACA JUGA:  Setelah Boneka, Kini Polisi Bagi Mobil Mainan ke Pengunjung Anak Laki-laki di Ancol

Aksi bersih-bersih lingkungan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi komunitas lainnya di Kepulauan Seribu dan seluruh Indonesia untuk melakukan upaya serupa. Polsek Kepulauan Seribu Selatan Polres Kepulauan Seribu berkomitmen untuk terus menggalang kerjasama dengan masyarakat dan pemerintah dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan demi masa depan yang lebih baik.