Polsek Kepulauan Seribu Utara Memastikan Perlengkapan Keselamatan Kapal di Dermaga Pulau Kelapa

Jakarta – Polsek Kepulauan Seribu Utara secara rutin melaksanakan pengamanan di dermaga Pulau Kelapa dengan fokus pada pemeriksaan perlengkapan keselamatan kapal. Pada Kamis (06/07/2023), Kapolsek Kepulauan Seribu Utara, Iptu Didik Tri Maryanto, memimpin kegiatan tersebut yang mencakup pengecekan ketersediaan life jacket dan jumlahnya, serta pemeriksaan Alat Pemadam Kebakaran (APAR).

Tindakan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Polsek Kepulauan Seribu Utara dalam menjaga keamanan dan keselamatan penumpang yang berangkat dari Dermaga Pulau Kelapa. Perlengkapan keselamatan kapal yang memadai, termasuk life jacket yang tersedia dalam jumlah yang mencukupi, serta keberadaan APAR yang siap digunakan, sangat penting dalam menghadapi situasi darurat atau kebakaran di laut.

BACA JUGA:  Polsek Kepulauan Seribu Utara Sukses Mediasi Kasus Pemukulan: Penyelesaian Damai melalui Problem Solving

Iptu Didik Tri Maryanto menjelaskan bahwa pemeriksaan ini dilakukan secara berkala untuk memastikan bahwa semua kapal yang beroperasi dari dermaga tersebut telah memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan. “Kami mengutamakan keselamatan penumpang dan perlengkapan keselamatan yang baik sangat krusial untuk menjaga keamanan mereka selama pelayaran,” ujar Iptu Didik Tri Maryanto.

Selama pemeriksaan, petugas dari Polsek Kepulauan Seribu Utara memverifikasi ketersediaan life jacket yang berfungsi dengan baik dan memastikan bahwa jumlahnya sesuai dengan kapasitas penumpang di setiap kapal. Selain itu, mereka juga melakukan pemeriksaan terhadap kondisi APAR dan memverifikasi kesiapan serta keberfungsian alat tersebut.

BACA JUGA:  Patroli Malam Presisi, Imbau Anak-anak Pulau Pramuka Tak Kumpul Hingga Larut Malam

Tindakan pengamanan dermaga dan pemeriksaan perlengkapan keselamatan ini mendapat respon positif dari pemilik kapal dan operator di Dermaga Pulau Kelapa. Mereka mengapresiasi upaya Polsek Kepulauan Seribu Utara dalam memastikan keselamatan penumpang. Para pemilik kapal berkomitmen untuk terus memperhatikan perlengkapan keselamatan serta menjaga kesiapan dan keberfungsian alat-alat keselamatan di kapal mereka.

BACA JUGA:  Polisi Amankan Jalur Lari Marathon Api Mrapen DPP PDIP di Wilayah Jakarta Timur

Dengan adanya pengamanan dermaga dan pemeriksaan rutin perlengkapan keselamatan, diharapkan tingkat keselamatan dan keamanan dalam perjalanan laut dari Dermaga Pulau Kelapa dapat terjamin. Polsek Kepulauan Seribu Utara terus berupaya melakukan pengawasan dan memberikan perlindungan kepada masyarakat yang menggunakan transportasi laut, demi terciptanya perjalanan yang aman dan nyaman di wilayah kepulauan tersebut.