Berita  

Sambut Tahun Pemilu 2024 Polres Kepulauan Seribu Latih Dalmas Anggota Sat Samapta

Jakarta – Dalam rangka menyambut tahun Pemilu 2024 , antisipasi aksi unras dan pertajam kemampuan, puluhan personil Polres Kepulauan Seribu melakukan latihan pengendalian massa (dalmas) di halaman mako perwakilan Polres Kepulauan Seribu, Kamis (16/03/2023).

Latihan dalmas ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi dalam teknis dan taktis pengendalian massa dan sama-sama jalin sinergitas dalam menghadapi kontijensi penanganan unjuk rasa berskala besar dan mempertajam kembali kemampuan anggota Polres Kepulauan Seribu dalam mengatasi aksi unras dan anarkisme pengunjuk rasa terutama dalam mengantisipasi pertikaian saat tahun pemilu 2024 nanti.

BACA JUGA:  Polres Kep. Seribu Laksanakan Pengamanan Terhadap 209 Penumpang di Dermaga Kali Adem

 

Menurut Kasat Samapta Polres Kepulauan Seribu AKP Agus TC menjelasakan susunan kegiatan latihan dalmas yang sesuai dengan Perkap no 16 Tahun 2006 tentang pedoman pengendalian massa dan diteruskan dengan praktek di lapangan.

“Tadi kita awali Latihan dengan penjelasan terlebih dahulu tentang pedoman anggota Sat Samapta dalam pengendalian massa yang tertuang dalam Perkap no 16 tahun 2016. Setelah itu kita lakukan praktek dari mulai gerakan dalmas awal sampai dalmas lanjut yang menggunakan peralatan tameng” jelas Kasat Samapta.

BACA JUGA:  Polsek Kepulauan Seribu Utara Bersama Warga Tanam Pohon untuk Kurangi Polusi Udara

 

Agus menambahkan, melalui latihan dan simulasi, diharapkan anggota Polres Kepulauan Seribu selalu siap dan mengerti aturan – aturan dalam pengendali massa apabila terjadi gangguan kamtibmas yang sewaktu-waktu dapat terjadi dilapangan.

 

Latihan dalmas yang digelar dari pagi sampai tengah hari ini dibimbing langsung oleh dua instruktur dari Polda Metro Jaya yang memang sudah menguasai teknik-teknik gerakan dalmas. Pelatihan tersebut rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari.

BACA JUGA:  Polsek Kepulauan Seribu Jaga Dermaga Pantau Keberangkatan Dan Kedatangan Kapal