Satuan Polair Polres Kepulauan Seribu Giat Patroli Laut di Perairan Pulau Ayer untuk Cegah Kejahatan

Jakarta – Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Kepulauan Seribu melaksanakan kegiatan patroli laut di perairan Pulau Ayer menggunakan Kapal Polisi KP. VII-40-204 pada hari Senin (28/07/2023). Patroli ini dilakukan dalam rangka meningkatkan keamanan dan ketertiban di wilayah perairan, dengan fokus pada antisipasi kejahatan, termasuk tindak rompak. Selain itu, petugas juga melaksanakan sambang ke nelayan untuk memberikan himbauan terkait keselamatan beraktivitas di laut.

Dalam operasi patroli laut ini, Kapal Polisi KP. VII-40-204 dikerahkan untuk melintasi lingkaran-lingkaran strategis di perairan Pulau Ayer. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan kehadiran yang kuat serta meminimalisir potensi tindak kejahatan seperti perampokan dan perompakan di perairan. Keberadaan Satpolair di tengah laut diharapkan dapat memberikan efek pencegahan terhadap pelaku kejahatan.

BACA JUGA:  Antisipasi Guantibmas, Pak Bhabin Pulau Untung Jawa Lakukan Sambang Kepada Wisatawan

Kasat Polair Polres Kepulauan Seribu, AKP Dasiman, SH, mengungkapkan, “Kegiatan patroli laut ini adalah bagian dari komitmen kami untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perairan Kepulauan Seribu. Kami berupaya untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi nelayan, pengguna transportasi laut, dan masyarakat pada umumnya.”

Selain fokus pada tindak kejahatan, petugas juga menjalankan program sambang ke nelayan di sekitar perairan Pulau Ayer. Dalam pertemuan tersebut, petugas memberikan himbauan mengenai pentingnya mematuhi aturan keselamatan laut, menggunakan alat pelindung diri, serta berhati-hati dalam melaut. Himbauan ini bertujuan untuk mengurangi risiko kecelakaan laut dan memastikan keselamatan para nelayan.

BACA JUGA:  33 Ton Beras SPHP Terjual Dalam Bazar Pangan Murah di Jakbar

Salah seorang nelayan, Bapak Ahmad, mengapresiasi langkah Satpolair dalam memberikan himbauan keselamatan laut. “Kami merasa lebih tenang dan terlindungi dengan adanya patroli ini. Kami berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan untuk menjaga keamanan perairan kami,” ujarnya.

Kegiatan patroli laut ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Kapolres Kepulauan Seribu. “Satpolair adalah garda terdepan dalam menjaga perairan Kepulauan Seribu. Dengan adanya patroli ini, kami berharap wilayah perairan tetap aman dan terhindar dari potensi gangguan keamanan,” ujar Kapolres.

BACA JUGA:  Terapkan Prokes, 254 Penumpang Seberangi Pulau Seribu Usai Terima Pengamanan Dari Polres Kep. Seribu

Dengan langkah patroli laut yang aktif dan sambang ke nelayan, diharapkan perairan di sekitar Pulau Ayer dan wilayah Kepulauan Seribu secara keseluruhan akan tetap menjadi wilayah yang aman dan nyaman bagi masyarakat serta pengunjung.