Satuan Polair Polres Kepulauan Seribu Himbau Ke Nelayan Jaga Keselamatan Diri

Satuan Polair Polres Kepulauan Seribu telah melaksanakan kegiatan sambang ke nelayan yang beroperasi di perairan Pulau Pari, Kepulauan Seribu Utara, pada hari Minggu (21/05/2023). Dalam kegiatan tersebut, mereka memberikan himbauan tentang keselamatan dalam berlayar kepada para nelayan. Kasat Polair Polres Kepulauan Seribu, AKP Dasiman SH, memberikan tanggapannya terkait kegiatan ini.

AKP Dasiman SH menyampaikan pentingnya keselamatan dalam berlayar bagi nelayan yang beroperasi di perairan Kepulauan Seribu. Beliau menyoroti bahwa cuaca dan kondisi perairan dapat berubah dengan cepat, sehingga nelayan perlu selalu memperhatikan faktor keselamatan saat melaut.

BACA JUGA:  Bhabinkamtibmas Pulau Untung Jawa Himbau Warga Jaga Keharmonisan Pasca Pemilu 2024

Dalam tanggapannya, Kasat Polair Polres Kepulauan Seribu mengingatkan para nelayan untuk memastikan bahwa peralatan navigasi dan keselamatan di kapal mereka berfungsi dengan baik sebelum berlayar. Beliau juga menghimbau agar nelayan selalu memperhatikan perkembangan cuaca dan mematuhi peraturan pelayaran yang berlaku.

AKP Dasiman SH menekankan pentingnya penggunaan alat keselamatan, seperti jaket pelampung, alat komunikasi, dan senter saat berlayar di malam hari. Beliau juga mengajak para nelayan untuk selalu memberitahukan keberangkatan dan kedatangan mereka kepada pihak terkait, seperti keluarga atau rekan nelayan, untuk kepentingan keamanan.

BACA JUGA:  Unit Reskrim Polsek Pancoran Berhasil Mengungkap Kasus Pencurian yang Viral di Medsos

Kegiatan sambang yang dilakukan oleh Satuan Polair Polres Kepulauan Seribu ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran keselamatan bagi para nelayan di perairan Pulau Pari. Dengan memberikan himbauan dan nasihat tentang keselamatan, diharapkan tercipta kesadaran yang lebih tinggi dalam menjaga keselamatan saat berlayar.

Kasat Polair Polres Kepulauan Seribu juga menegaskan bahwa pihak kepolisian akan terus melakukan patroli dan pengawasan di perairan Kepulauan Seribu untuk memastikan keselamatan nelayan dan masyarakat yang beraktivitas di sekitar pulau-pulau tersebut.

BACA JUGA:  Patroli Malam Dialogis Polsek Kepulauan Seribu Selatan, Himbau Warga dan Wisatawan Cegah Kenakalan Remaja

Diharapkan, melalui kegiatan ini, para nelayan di Kepulauan Seribu Utara akan semakin meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap aturan keselamatan berlayar. Keselamatan menjadi prioritas utama dalam setiap aktivitas di perairan, demi menghindari risiko kecelakaan dan memastikan kesejahteraan para nelayan yang berperan penting dalam perekonomian lokal.