Team Patroli Satpolair Polres Kepulauan Seribu Himbau Nelayan Pulau Ayer untuk Prioritaskan Keselamatan dan Waspada Terhadap Cuaca Ekstrem

Jakarta, 8 Agustus 2023 – Team Patroli Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolair) Polres Kepulauan Seribu menggunakan Kapal Patroli (KP. VII – 40 – 203) melaksanakan Patroli Perairan di sekitar Pulau Ayer, Kepulauan Seribu Selatan, pada Selasa (08/08/2023). Kegiatan patroli ini bertujuan untuk memastikan keselamatan nelayan yang beraktivitas di lintas perairan Kepulauan Seribu. Selama patroli, polisi juga melakukan sambang terhadap para nelayan untuk menghimbau penggunaan alat keselamatan berupa life jacket dan waspada terhadap cuaca ekstrem.

AKP Dasiman, Kepala Satuan Polisi Air dan Udara (Kasat Polair) Kepulauan Seribu, menyatakan pentingnya patroli perairan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan di wilayah kepulauan. “Patroli Perairan merupakan bagian dari upaya kami dalam memberikan perlindungan dan pelayanan terhadap masyarakat, khususnya para nelayan yang aktif di laut,” ujar AKP Dasiman.

BACA JUGA:  Polres Kep. Seribu Laksanakan Pengamanan Terhadap 205 Penumpang di Dermaga Kali Adem

Perairan Pulau Ayer, sebagai salah satu pulau di Kepulauan Seribu, terdapat banyak nelayan yang menggantungkan hidupnya dari tangkapan di perairan sekitar. Oleh karena itu, Satpolair Polres Kepulauan Seribu mengambil inisiatif untuk memberikan himbauan kepada para nelayan agar selalu mengutamakan keselamatan dalam beraktivitas di laut.

“Saat berada di laut, keselamatan adalah hal yang paling utama. Kami mengimbau para nelayan untuk menggunakan alat keselamatan, seperti life jacket, sebagai langkah preventif dalam menghadapi situasi darurat di laut,” kata AKP Dasiman.

BACA JUGA:  Sambangi Tokoh Masyarakat, Bhabinkamtibmas Polres Kep. Seribu Ciptakan Rasa Aman dan Nyaman

Tak hanya itu, patroli ini juga dimanfaatkan sebagai momen untuk memberikan edukasi kepada nelayan tentang pentingnya selalu waspada terhadap cuaca ekstrem yang dapat berpotensi membahayakan keselamatan mereka di perairan. Para nelayan diingatkan untuk selalu memperhatikan perkembangan cuaca sebelum berangkat melaut dan segera kembali ke daratan jika cuaca menjadi tidak mendukung.

“Kami berharap para nelayan dapat mengenali tanda-tanda cuaca buruk dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Kesadaran ini akan sangat membantu dalam menghindari terjadinya kecelakaan atau bencana di laut,” tambah AKP Dasiman.

BACA JUGA:  Srikandi Polres Kepulauan Seribu Membuka Ruang Dialog dalam "Jumat Curhat" di Pulau Tidung untuk Menangani Isu Kamtibmas

Sambang dan himbauan yang diberikan oleh Satpolair Polres Kepulauan Seribu mendapat sambutan positif dari para nelayan. Mereka menyampaikan apresiasi atas perhatian dan upaya yang dilakukan oleh polisi untuk menjaga keselamatan mereka di laut.

Kasat Polair Kepulauan Seribu juga berkomitmen untuk terus melaksanakan patroli perairan dan memberikan himbauan yang edukatif kepada masyarakat laut. Dengan adanya kerjasama dan peran aktif dari seluruh pihak, diharapkan pulau-pulau di Kepulauan Seribu akan menjadi wilayah yang aman dan nyaman bagi seluruh warganya.