Tim Patroli Polair Polres Kepulauan Seribu Menjaga Keamanan Perairan Pulau Untung Jawa

Jakarta, Senin, 14 Agustus 2023 – Dalam upaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban di perairan Pulau Untung Jawa, tim Patroli Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres Kepulauan Seribu meluncur ke laut dengan menggunakan Kapal Patroli KP. VII – 40 – 203. Kegiatan patroli laut ini bertujuan untuk memberikan himbauan tentang kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) serta keselamatan kepada para nelayan, sekaligus melakukan patroli antisipasi terhadap tindak kejahatan di laut.

Dalam operasi patroli yang dilaksanakan secara rutin, tim Patroli Polair Polres Kepulauan Seribu berusaha memberikan rasa aman dan keamanan kepada nelayan yang beraktifitas di perairan sekitar Pulau Untung Jawa. Kapal Patroli KP. VII – 40 – 203 melaju di atas gelombang laut dengan sigap, menjangkau area-area yang sering dilalui oleh nelayan.

BACA JUGA:  Sambangi Masyarakat, Bhabinkamtibmas Polres Kepulauan Seribu Ciptakan Rasa Aman dan Nyaman

Kasat Polair Polres Kepulauan Seribu, AKP Dasiman, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan himbauan dan edukasi kepada nelayan tentang pentingnya menjaga kamtibmas dan keselamatan di laut. Selain itu, patroli ini juga berfungsi sebagai langkah antisipasi terhadap potensi tindak kejahatan yang mungkin terjadi di perairan tersebut.

“Dalam menjalankan tugasnya, tim Patroli Polair juga memberikan himbauan kepada para nelayan tentang pentingnya melaporkan kejadian mencurigakan atau aktivitas yang mencurigakan di laut kepada aparat kepolisian. Ini merupakan langkah kolaboratif dalam menjaga keamanan wilayah maritim kita,” ujar AKP Dasiman.

BACA JUGA:  Polisi Jadi Pahlawan di Dongeng Buatan Anak, Kapolri: Tanamkan dan Jadikan Semangat Jadi Lebih Baik

Para nelayan yang ditemui oleh tim patroli merasa senang dengan kehadiran aparat kepolisian di laut. Mereka merasa lebih aman dan terlindungi saat beraktivitas di perairan Pulau Untung Jawa. Selain itu, himbauan tentang keselamatan di laut juga sangat diapresiasi, mengingat risiko yang mungkin dihadapi oleh para nelayan dalam menjalankan pekerjaan mereka.

BACA JUGA:  Kunjungan Silaturahmi Tim ONCS di Kediaman Habib Umar, Upaya Cooling System Bersama Ulama

Dengan giat patroli laut yang terus dilakukan oleh tim Patroli Polair Polres Kepulauan Seribu, diharapkan perairan Pulau Untung Jawa akan tetap menjadi daerah yang aman dan nyaman bagi para nelayan dan warga setempat. Kolaborasi antara aparat kepolisian dan masyarakat diharapkan dapat terus meningkatkan keamanan wilayah maritim serta mencegah potensi tindak kejahatan di laut.