Upaya Pengentasan Masalah di RW 01 Pulau Untung Jawa dengan Jumat Curhat Bareng Kapolres

Jakarta – Jumat Curhat merupakan sebuah prorgam yang dicanangkan oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. sebagai upaya menampung segala masukan, kritik, saran, dan keluhan dari masyarakat terkait dengan perkembangan situasinkamtibmas kewilayahan.

Dalam kesempatan Jumat Curhat kali ini, Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Ary Sudradjat, S.H., S.I.K., M.Si. turun langsung untuk mendengar keluh kesah dari masyarakat khususnya warga RW. 01 Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, Jumat (03/03/2023).

Kegiatan Jumat Curhat dilaksanakan di Posko Kampung Tangguh Jaya Pulau Untung. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Angga Saputra selaku Camat Kepulauan Seribu Selatan, H. Supriyadi Lurah Pulau Untung Jawa, Kasat Binmas Polres Kepulauan Seribu AKP Abdul Kadir, S.H., Kapolsek Kepulauan Seribu Selatan AKP Rahmat Suryaman, S.E., M.M., Ketua RW. 01 Pulau Untung Jawa Bapak Romli, para Ketua RT serta Ibu-ibu Dasawisma.

BACA JUGA:  Hadiri Peresmian RSMBS, Kapolri: Faskes yang Memadai Wujudkan Indonesia Maju 2045

Kapolres mengatakan bahwa jajaran Polres Kepulauan Seribu Jumat Curhat merupakan wadah bagi Polri untuk siap mendengar dan menampung curhatan masyarakat serta mencari solusi dari permasalahan yang ada.

“Jumat Curhat ini merupakan wadah bagi Polri untuk selalu siap mendengar dan menampung curhatan masyarakat”, ujar AKBP Ary Sudradjat.

“Kami siap mendengar, mencatat, dan mencari solusi dari segala bentuk permasalahan yang saat ini sedang dirasakan oleh masyarakat”, tambahnya.

Ketua RW 01 Bapak Romli mewakili warga, menjelaskan terkait dengan keluhan dari beberapa wisatawan yang yang berkunjung ke Pulau Untung Jawa.

“Jadi beberapa wisatawan mengeluhkan Pak, terkait dengan sistem pembayaran tarif tiket yang ada di (pelabuhan) Tanjung Pasir berbeda dengan du Untung Jawa”, tutur Romli.

BACA JUGA:  Antisipasi Guantibmas, Wakapolsek Kepulauan Seribu Utara Pimpin Giat Patroli Malam

“Di Tanjung Pasir, wisatawan harus membeli langsung tiket PP (Pulang Pergi), namun sering kali saat akan kembali pulang tidak dijemput kembali oleh kapal ojek. Nah ini yang menyebabkan wisatawan yang ke Untung Jawa ini berkurang”, jelasnya.

“Kalau wisatawan berkurang, perekonomian (masyarakat) di Untung Jawa ini juga berkurang”, tambah Romli.

Selanjutnya, Kapolres Kepulauan Seribu menanggapi permasalahan tersebut dengan memberikan beberapa saran.

“Ketika nanti ada permasalahan ini lagi tolong dicatat, kira-kira ini yang antar siapa, kaptennya siapa, Bhabinkamtibmas dan anggota Polsubsektor Pulau Untung Jawa agar membantu pencatatan”, ujar Kapolres.

“Kami bersama Kapolsek Kepulauan Seribu Selatan juga nanti akan berupaya untuk berkomunikasi dengan Polres atau Polsek terkait yang berwenang di wilayah tersebut untuk dilakukan pengecekan langsung terkait permasalahan ini”, ungkapnya.

BACA JUGA:  Satuan Polair Polres Kepulauan Seribu Berikan Pengmanan Laut Terbaik

“Jika memang masih ditemukan hal seperti ini, kami akan komunikasikan kepada Polres atau Polsek terkait untuk dilakukan penindakan”. Pungkas Ary.

Kapolres berharap dengan beberapa upaya yang akan dilakukan, dapat segera mengentaskan permasalahan yang saat ini dialami oleh warga masyarakat serta mengembalikan minat wisatawan untuk berkunjung arau berwisata kembali ke Pulau Untung Jawa yang nantinya akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kami harap masalah ini dapat cepat terselesaikan, wisatawan bisa ramai kembali untuk berkunjung ke sini, dan perekonomian masyarakat Pulau Untung Jawa kembali meningkat”. Tutupnya.